ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PANTUN PADA SISWA KELAS VA SD NATION STAR ACADEMY TAHUN PELAJARAN 2021-2022

  • Aulia Fitriany STKIP PGRI Sidoarjo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman minat belajar siswa kelas VA SD Nation Star Academy dalam penulisan teks pantun. Hal tersebut ditinjau dari sejauh mana kemampuan siswa saat pembelajaran berlangsung serta kesulitan yang dialami siswa terkait pembelajaran materi pantun. Kemampuan pemahaman siswa pada materi pantun cukup kurang, dan masih diperlukan bimbingan penuh khususnya pada materi penulisan teks pantun. Hal tersebut disebabkan karena jenis penulisan seperti pantun ini, pernah mereka temui di pembahasan materi puisi. Dalam puisi ciri-ciri yang terdapat dalam pantun dirasa cukup memiliki kesamaan. Oleh karena hal itu, siswa cukup kesulitan untuk membedakan antara pantun dan puisi. Data penelitian ini diperoleh melalui metode pembelajaran langsung, data yang diambil berupa penugasan secara langsung, pengumpulan tugas harian, dan bentuk lisan pengucapan berpantun pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil yang didapatkan dalam pemberian materi pantun secara bertahap mulai dari perkenalan materi pantun, pemberian latihan dan bimbingan penulisan teks pantun kepada siswa, hasilnya sebagian besar siswa kelas VA SD Nation Star Academy Surabaya dapat membuat pantun beserta tema topik yang sudah ditentukan, sebagian siswa lainnya menuliskan pantun dengan susunan atau strukturnya masih kurang tepat

Published
2022-04-29