PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

  • Indah Chairun Annisa STKIP PGRI SIDOARJO
  • Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo
Keywords: Learning Outcomes, Influence, Statistics, Two Stay Two Stray

Abstract

Model Two Stay Two Stray yang lebih dikenal dengan model TS-TS
adalah salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh
model TS-TS terhadap hasil belajar mahasiswa. Sampel yang digunakan
sebanyak 12 mahasiswa. Instrumennya meliputi lembar observasi peneliti
dan mahasiswa serta soal tes. Pada analisis data digunakan uji asumsi
klasik dan uji parsial regresi. Hasil analisis asumsi klasik menunjukkan
bahwa residual berdistribusi normal, bersifat homogen, dan tidak terjadi
korelasi antar residual. Pada parsial regresi diperoleh t hitung sebesar 8,170
dan t tabel 2,228 sehingga memberikan keputusan bahwa H 0 ditolak atau
terdapat pengaruh yang signifikan dari model TS-TS terhadap hasil belajar
mahasiswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 87%.

Published
2022-08-22