PEMBELAJARAN ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD) MELALUI MEDIA VIDEO BERBASIS MULTIKULTURAL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) melalui media video berbasis multikultural, (2) pelaksanaan pembelajaran Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) melalui media video berbasis multikultural, (3) evaluasi pembelajaran Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) melalui media video berbasis multikultural. Penelitian ini dilakukan di kelas 2018 A tahun akademik 2021/2022 PGSD STKIP PGRI Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri atas narasumber ketua program studi, dosen dan mahasiswa. Sumber dokumen berupa kurikulum, rencana pembelajaran semester, rancangan program perkuliahan, serta tempat dan aktivitas pembelajaran. Validitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah : (1) Perencanaan pembelajaran dimulai dengan menyusun perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pembelajaran semester dan rancangan program perkuliahan. Penggunaan media pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan akhir yang diharapkan. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan penyampaian materi pembelajaran dan pemberian penugasan membuat media video secara berkelompok. (3) Evaluasi pembelajaran meliputi penilaian diskusi dan penilaian hasil penugasan