PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Sandra Anggralita STKIP PGRI Sidoarjo
Keywords: Hasil Belajar, menulis karangan sederhana melalui media gambar seri.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menulis karangan sederhana melalui media gambar seri pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanah Kalikedinding II Surabaya dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IIA Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan  adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK terdiri dari 2 siklus. Dalam PTK umumnya dikumpulkan dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data tersebut digunakan untuk menggambarkan perubahan yang terjadi baik kinerja siswa, guru dan suasana kelas. Data kuantitatif yaitu hasil belajar  mengarang sederhana siswa sedangkan data kualitatif kalimat-kalimat yang menggambarkan aktivitas dari keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang akan dikumpulkan dan diperoleh datanya melalui observasi dan wawancara. Teknik penilaian yang digunakan peeliti terhadap hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana berdasarkan kriteria yang teah ditentukan sebelumnya.  Berdasarkan hasl penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar setiap siklus mengalami peningkatan yakni pra siklus 33,3%, siklus I mencapai 55 % sedangkan siklus II mencapai 88%.

Published
2020-04-26