MEDIA KOMIK TANPA TEKS DIALOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG DI SEKOLAH DASAR

MEDIA KOMIK TANPA TEKS DIALOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG DI SEKOLAH DASAR

  • Titik Rohmatin STKIP PGRI Sidoarjo

Abstract

Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Bluru Kidul II Sidoarjo yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini terfokus untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis dialog melalui penggunaan media komik tanpa teks dialog, hasil belajar menulis dialog dengan menggunakan media komik tanpa teks dialog. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan pengamatan, tes, dan catatan lapangan. Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 72,72% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90,90%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran komik tanpa teks dialog dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog siswa kelas V SDN Bluru Kidul II Sidoarjo.

Published
2020-04-26