Teaching Narrative Text by Using Story Telling Method at Ninth Grade Students
Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan metode ‘storytelling’ dalam mengajar teks naratif di SMP. Penelitian ini menggunakan metode quantitaf dengan model eksperimen. Subjek dari penelitian ini terdiri dari control dan kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 42 siswa, 21 siswa di control kelas dan 21 siswa di kelas eksperimen. Tehnik pengumpulan data menggunakan teast dan angket, yang mana test diadakan sebanyak 2 kali pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode ‘storytelling’ dalam mengajar teks naratif adalah efektif.
Referensi
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian; Prosedur penelitian suatu pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan, D. (2003). metode penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Djarwanto. (1994). Pokok-Pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis penulisan Skripsi. Yogyakarta: Liberty.
Djatmika. (2013). Writing Narrative text. Bandung: Pakar Raya Pakarnya Pustaka.
Franenkel, j. R., & Wallen, N. E. (2000). How to Design and Evaluate Research in Education. Boston: McGraw-hill.
Hughes, a. (2003). Testing for Language teacher. Cambridge: Cambridge university Press.
Nuraengsih. (2012). The Use Story Telling Technique to Improve Students' Motivation and Speaking Skill. Vol.1 (1) , 1.
Rebecca, J. L. (2003). A Critical Handbook of Children's Literature. - , -.
Samantaray, P. (June 2014). Use of Story Telling Method to Develop Spoken English Skill. International Journal of Language & Linguistics , Vol 1 No. 1.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thornburry, S. (2005). How to teach Speaking. England: Person Limited Education.
Wani, S. R. Research Metodology/sampling. M.A Edu, DDE, KU, 190002, J&K.
Widayati, S. (2003). Pembelajaran dan Evaluasi Writing. Jakarta: Departemen pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.