Teachers’ Evaluation on Seventh Graders English Coursebooks: English in Mind 1 and When English Rings A Bell Revised Edition 2017

  • Pristiwati Menangsih Sabat Widya Mandala Catholic University Surabaya

Abstrak

Studi ini mengevaluasi dua buku pelajaran bahasa Inggris. Pertanyaan penelitian yang dikemukakan dalam penelitian ini berkaitan dengan apakah English in Mind 1 dan When English Rings a Bell edisi revisi 2017 memenuhi standar buku ajar yang baik dalam hal konten, organisasi konten, topik, keterampilan yang tercakup di dalamnya, kosa kata, tata bahasa, buku guru, buku lembar kerja dan CD-ROM. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis dua buku ajar dengan menggunakan daftar krieteria evaluasi buku ajar yang baik dan datanya ditriangulasi dengan membagikan daftar kriteria  evaluasi buku ajar kepada guru bahasa Inggris yang menggunakan buku tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa English in Mind 1 memenuhi standar buku ajar yang baik. Di sisi lain, When English Rings a Bell edisi revisi 2017 tidak memenuhi standar buku ajar yang baik dari segi konten, tata bahasa, keterampilan, dan CD-ROM. Disarankan agar When English Rings a Bell edisi revisi 2017, dapat memberikan materi yang berisi budaya dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Selain itu, tata bahasa yang disajikan dapat lebih bervariasi dan keterampilan bahasa harus tercakup secara memadai. Di samping itu, buku ajar harus dilengkapi dengan alat peraga seperti audio, video atau CD-ROM.

 

 

Referensi

Al-Yousef, Hesham S. D. 2007. An Evaluation of the Third Grade Intermediate English Coursebook in Saudi Arabia. Department of English, College of Arts, King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia.
Cunningsworth, A. (1995). Choosing your Coursebook. Oxford: Macmillan Heinemann ELT.

Harmer, Jeremy: The Practice of English Language Teaching. Harlow: Pearson Education Ltd.,
2001. Print

Kemendikbud (2017). Bahasa Inggris: When English Rings a Bell SMP/MTs Grade VII (Student’s Book) edisi revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud (2017). Bahasa Inggris: When English Rings a Bell SMP/MTs Grade VII (Teacher’s Book) edisi revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud.
Odzemir, F.E (2007). An Evaluation of Time for English 4, The 4th Grade English Coursebook for Public Schools. Department of Educational Science, Middle East Technical University.
Ornstein, A. C. and Hunkins, F. P. (1998). Curriculum: Foundations, principles and issues. USA: Allyn and Bacon.
Sheldon, L. E. (1988). Evaluating ELT textbooks and materials. ELT Journal 42(4), 237-246.

Skierso, A. (1991). Textbook selection and evaluation, in M. Celce-Murcia (Ed.) Teaching English as a second foreign language. Boston: Heinle and Heinle Publishers.

Strank, J. & Puchta, H. (2010). English in Mind (Sudent’s Book 1) second edition. Cambridge: Cambridge Univeristy Press.

Strank, J. & Puchta, H. (2010). English in Mind (Teacher’s Resouce Book 1) second edition. Cambridge: Cambridge Univeristy Press.

Strank, J. & Puchta, H. (2010). English in Mind (Workbook 1) second edition. Cambridge: Cambridge Univeristy Press.
Diterbitkan
2022-06-06