KOMUNIKASI MATEMATIKA TERTULIS SISWA MA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN JENIS KELAMIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematika tertulis siswa MA berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah soal persamaan lingkaran berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data utama tentang keakuratan, kelengkapan, dan kelancaran komunikasi matematika tertulis berupa kata-kata tertulis. Subjek penelitian sebanyak 2 siswa berkemampuan matematika tinggi kelas XI MIPA MAN 1 Lamongan yang terdiri dari satu siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya sedikit perbedaan komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dengan perempuan. Keakuratan dan kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi adalah sama-sama akurat dan lancar untuk setiap informasi yang disampaikan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi adalah lengkap untuk setiap informasi yang disampaikan sedangkan siswa laki-laki hanya tidak lengkap untuk menggunakan aturan.