PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PERGURUAN TINGGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrument pengukuran kepuasan mahasiswa dalam peningkatan mutu layanan perguruan tinggi. Pengembangan instrument ini dimaksudkan agar institusi perguruan tinggi memiliki instrument pengukuran kepuasan mahasiswa yang valid dan reliable dalam mengukur kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrative, dan kepuasan mahasiswa terhadap layanan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development atau penelitian pengembangan. Proses pengembangan dilakukan dalam lima tahap, yaitu: analisis potensi dan masalah, perencanaan desain produk, uji coba produk, uji validitas dan reliabilitas produk, dan produksi masal. Pada instrument pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrative, scree plot menunjukan adanya perbedaan atau selisish yang sangat besar antara nilai igen faktor pertama dengan efaktor kedua. Sehingga instrument pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrative dinyatakan valid. Pada instrument pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan proses pembelajaran, diperoleh satu faktor yang memiliki nilai eigen di atas 1,00 (>1,00). Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh butir dalam instrumen pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran hanya membentuk satu faktor bersama, yaitu faktor kepuasan terhadap proses pembelajaran. Sehingga isntrumen pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan proses pembelajaran dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrument pengukuran kepuasan terhadap layanan administrative diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,843. Sehingga instrumen pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan administratif dinyatakan reliable. Uji reliabilitas instrument pengukuran kepuasan terhadap layanan proses pembelajaran diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,777. Dengan demikian instrumen pengukuran kegiatan ekstra dapat dinyatakan reliabel.