MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPA 1 PADA PELAJARAN KIMIA MATERI SEL ELEKTROKIMIA SMA NEGERI 1 KAYUAGUNG MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 Pada Pelajaran Kimia Materi Sel Elektrokimia SMA Negeri 1 Kayuagung Melalui Strategi Pembelajaran Konstruktivisme.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kayuagung setelah diterapkannya Strategi Pembelajaran Konstruktivisme sehingga pembelajaran Kimia menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas siswa. Rumusan masalah adalah bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Konstruktivisme sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Kimia siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kayuagung?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kayuagung. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif. Dari hasil analis didapatkan bahwa rata rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus 64,53, siklus I 68,53 dan siklus II 81,17. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Konstruktivisme dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kayuagung.
Kata Kunci: Kimia, Strategi Pembelajaran Konstruktivisme, Prestasi Belajar