UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT ACHIEVMENT TEAM DIVISION (STAD) DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 11 PALEMBANG

  • Clementina Sidabutar SMA Negeri 11 Palembang

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 11 Palembang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus (47,5%), siklus I (70%) dan siklus II (93,75%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievment Team Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 11 Palembang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.

 

                          Kata Kunci: Hasil belajar,Matematika, Student Achievment Team Division

Published
2020-10-31