UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DALAM MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF MELALUI METODE SOSIODRAMA DI KELAS IX.10 SMP NEGERI 11 PALEMBANG
Abstract
Di dalam pelajaran bahasa Indonesia meliputi; keterampilan menyimak , mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan berbicara merupakan salah satu komponen dalm pembelajaran bahasa Indonesia yang harus dimiliki oleh pendidik dan peserta didik di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia dalam menyampaikan pidato persuasif peserta didik kelas IX.10 SMP Negeri 11 Palembang pada khususnya melalui metode sosiodrama. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX.10 SMP Negeri 11 Palembang yang terletak di Jl. Jalan Adi Sucipto Talang Betutu Palembang Sumatera Selatan. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 orang peserta didik kelas IX.10 SMP Negeri 11 Palembang. Pada pokok bahasan menyampaikan pidato persuasif dan dibantu seorang kolaborator bernama Siti Rahmah, S.Pd. Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dari bulan September s/d November 2019. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan program pembelajaran yang telah disusun pada awal semester. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas mengenai penerapan Metode sosiodrama pada siswa kelas IX.10 SMP Negeri 11 Palembang dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berlangsung selama 2 siklus penelitian dapat disimpulkan: selama berlangsung PTK, upaya penerapan metode sosiodrama telah dikelola dengan baik. Kegiatan pembelajaran dengan metode sosiodrama dilaksanakan dengan baik ternyata cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan, dibuktikan oleh perolehan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan dari siklus I sebesar 68,75% naik menjadi 93,75% di siklus II masuk dalam kriteria interpretasi sangat baik.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia,Pidato Persuasif, Sosiodrama