MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DARUT TAQWA PURWOSARI PASURUAN

  • aulia Fitriany STKIP PGRI Sidoarjo
  • Satrio Wibowo STKIP PGRI Sidoarjo
Keywords: Model Pembelajaran Sejarah, Nilai-nilai Multikultural

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman multikultural di kalangan pelajar. Mata pelajaran sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai multikultural. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Madrasah Aliyah Darut Taqwa Purwosari. Penelitian ini diawali dengan penelitian pendahuluan dengan mengumpulkan informasi tentang pembelajaran sejarah. Selanjutnya mengembangkan model pembelajaran sejarah dan pengujian efektivitas model yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah: (1) Proses pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Darut Taqwa cenderung berpusat pada guru sehingga masih perlu adanya inovasiĀ  dan kreatifitas guru untuk mencari dan menemukan model pembelajaran yang mendukung pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah. (2) Model pembelajaran dikembangkan berdasarkan temuan dari studi pendahuluan. Pengembangan model pembelajaran dimulai dari penyusunan desain awal, validasi ahli, revisi sesuai catatan ahli dan uji coba terbatas. (3) Berdasarkan uji keefektifan, model pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif dalam pembelajaran.

Published
2020-01-10