PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK REALITA DALAM MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI KURANG (UNDERACHIEVER)

  • zolyanah SMP Negeri 42 Palembang

Abstract

ABSTRAK

            Motivasi belajar adalah suatu motif atau dorongan untuk melakukan suatu kegiatan/pekerjaan guna mencapai tujuan dalam rangka merubah tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungannya baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Rumusan masalah yang diajukan adalah “Apakah  melalui layanan bimbingan kelompok realita dapat meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi kurang (underachiever) pada siswa kelas VIII.4 SMP  Negeri 42 Palembang  pada tahun pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi kurang (underachiever) melalui layanan bimbingan kelompok  realita pada siswa kelas VIII.4 SMP  Negeri 42 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data  menggunakan lembar observasi. Dari hasil analis didapatkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (40%) dan siklus II (80%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Berprestasi Kurang

Published
2022-12-27