KETERPAKAIAN PENGETAHUAN AWAL MELALUI PEMBELAJARAN MODEL INTEGRATIF
Abstract
Pengetahuan awal mahasiswa yang siap pakai dibutuhkan dalam membentuk bangunan pengetahuan sistematis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di STKIP PGRI Blitar tahun akademik 2015/2016 dengan subjek penelitian 25 mahasiswa semester 3. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Model Integratif untuk mengoptimalkan keterpakaian pengetahuan awal mahasiswa pada Persamaan Diferensial I di STKIP PGRI Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model integratif pada matakuliah Persamaan Diferensial telah berhasil mengoptimalkan keterpakaian pengetahuan awal mahasiswa, yaitu berdasarkan hasil rata-rata lembar kerja mahasiswa menunjukkan keterpakaian pengetahuan awal dengan kriteria baik atau sangat baik secara klasikal diperoleh 88% dari 25 mahasiswa yang mengikuti penilaian LKM. Sedangkan persentase rata-rata hasil observasi aktivitas dosen dan mahasiswa pada setiap pertemuan pembelajaran berada pada kategori baik atau sangat baik.
References
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran (mengajarkan konten dan kemampuan berpikir). Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks
Kilbane, C. R, & Milman, N. B. (2014). Teaching Models: Designing Instruction for 21st Century Learners. Online. https://www.pearsonhighered.com/assets/hip/us/hip_us_pearsonhighered/samplechapter/020560997X.pdf
Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, edisi kedelapan, jilid I (terjemahan). Jakarta: PT. Indeks