PENGEMBANGAN MEDIA CANVA “TRANSFORMASI ENERGI” UNTUK MENUNJANGPEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD 2 SAMBIREJO SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media menggunakan aplikasi Canva “Transformasi Energi” SD, (2) mengetahui kelayakan pada pengembangan aplikasi canva dalam pembelajaran tematik SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima Langkah antara lain: analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva “Tranformasi Energi” Kelas IV SD “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media pada tahap pertama menghasilkan 74,11 Kategori “Dapat Digunakan dengan Revisi”, kemudian Tahap 2 dengan skor 87,05 Kategori “Dapat digunakan Tanpa Revisi”. Ahli materi pada media Tahap 1 Skor 57,3% Kategori “Cukup dapat Digunakan” dan Tahap 2 Skor 96% Kategori Layak Digunakan tanpa Revisi“. Implementasi kepada siswa juga memperoleh hasil baik, dimana minat, motivasi, serta hasil belajar yang berjalan dengan baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva “Transfoemasi Energi” kelas IV SD 2 Sambirejo Semarang bisa digunakan dengan baik kepada siswa saat proses pembelajaran di kelas IV SD 2 Sambirejo Semarang.
References
Amalia, I., Artharina, F. P., & Kiswoyo, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Kelas I SDN Batursari 5 Mranggen Demak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2589-2595.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Astuti, N. H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105-111.
Fajri, Z. (2019a). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 1–10.
Fajri, Z., Baharun, H., Muali, C., Shofiatun, Farida, L., & Wahyuningtiyas, Y. (2021). Student’s Learning Motivation and Interest; the Effectiveness of Online Learning during COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1899 (1).
Fajri, Z., Yasin, M., Masykur, M., & Adi Putra, M. W. 2021. PKM Penyuluhan Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD pada Masa Pendemi Covid-19. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 493–508.
Fajri, Zaenol, dkk. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso”. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. Vol X, Issu 3.
Reffiane, Fine dan Irvina, Mazidati. 2016. “Implementasi Pengembangan Media Wayang Kerton pada Tema Kegiatan Sehari-Hari”. Mimbar Sekolah dasar. 3(2), 163-170.
Sari, Lesta Septia dan Siti Fatonah. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(1), 1699-1703.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5(1), 31-36. DOI.
Wahyuni, Rika, dan Safrida Napitupulu. (2022). Pengembangan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. Edu Global: Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(4), 333-349.