TRIPUSAT PENDIDIKAN FORMAL SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

  • Dian Kusumawati Universitas Muhammadiyah Kendal Batang, Indonesia
  • Masri Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Karimuddin Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Novi Lidya Isdarianti Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Zulfikar Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Agus Wiyanto Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Sugiantoro Sugiantoro IKIP Widya Darma

Abstract

Peserta didik merupakan aset utama dalam membangun keberlangsungan bangsa dan peradaban bangsa sehingga nilai karakter yang baik sangat dibutuhkan untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia. Pengajaran yang diajarkan dalam pendidikan karakter tidak terbatas pada transformasi nilai benar dan salah saja, melainkan juga terkait adanya penanaman kebiasaan atau habituation mengenai mana yang baik dan mana yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah nilai-nilai karakter yang tertanam pada peserta didik sekolah dasar. Metode kualitatif dilakukan melalui pengamatan secara langsung dan wawancara secara mendalam untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada peserta didik melalui Pendidikan formal pada tingkat sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan adanya 18 nilai karakter yang tertanam pada peserta didik melalui habit dimana dalam membentuk karakter individu diperlukan adanya communities of character sebagai pembentuk karakter yang ternyata dapat ditemukan pada jenjang sekolah dasar. Pendidikan formal menjadikan peserta didik terbiasa dengan aturan yang melekatkan nilai-nilai karakter di dalamnya sehingga pendidikan formal menjadi pembentuk dalam pribadi peserta didik yang terus berlangsung

References

Arif, M. (2021). Pentingnya menciptakan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. Pendais, 3(1), 1-24.

Arifin, M. F. (2018). Model kerjasama Tripusat Pendidikan dalam Pendidikan Karakter Siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 78-86.

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Baginda, M. (2018). Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 10(2).

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 137-145.

Chandra, P. (2019). Internalisasi nilai-nilai karakter dalam tradisi pondok pesantren. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 12(2), 25-32.

Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72-92.

Fauziah, N. A., & Salik, Y. (2021). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Pembinaan Akhlak Di Sekolah Dasar Negeri. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 89-98.

Hakim, D. (2014). Implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 145-168.

Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi tripusat pendidikan terhadap Kemajuan masyarakat. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1).

Iriany, I. S. (2017). Pendidikan karakter sebagai upaya revitalisasi jati diri bangsa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 54-85.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75-81.

Muzakkir, M. (2017). Harmonisasi Tri Pusat Pendidikan dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 145-162.

Nasution, W. N. (2016). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1).

Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 895-902.

Rifa'i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).

Sukadari, S., Suyata, S., & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian etnografi tentang budaya sekolah dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58-68.

Sukmawati, H. (2013). Tripusat Pendidikan. PILAR, 4(2).

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.
Published
2024-01-15