Implementation of Instructional Methods (Discrete Trial Training) to Increase Learning Concentration in Pre-School Age Autistic Children
Abstract
Anak autis membutuhkan perlakuan yang khusus sehingga untuk dapat memberikan pembelajaran kepada anak autis diperlukan metode tertentu untuk dapat mereka memahami apa yang kita sampaikan. Penelitian ini secara kuantitatif menggunakan metode instruksional (Discrete trial training) terhadap 10 anak autis yang sudah dikategorikan menjadi 5 level. Memberikan satu keterampilan yang diajarkan berulang agar anak penyandang autis dapat melaksanakan perintah dari suatu tantangan permainan yang diberikan dalam tiga tingkatan (mudah, sedang dan susah) dengan benar. Hasil penelitian menunjukkan 8 dari 10 anak autis mengalami kenaikan tingkat level setelah diberikan metode tersebut. Selain itu tingkat konsentrasi dari anak autis dalam penelitian ini mengalami kenaikan secara signifikan antara 4-7 menit dari sebelum diberikan metode
References
Carbone et al, (2013). Kontak Mata Dalam Keterlibatan Sosial Autisme
Handojo. (2009). Pengertian dan Penggunaan Metode ABA.
Hendrifika, Dessy, (2016). Kontak mata Pada Anak Autis
McCandless. (2003). Klasifikasi Jenis-Jenis Autisme Klasik, Regresif
Mujiyanti. (2011). “Tingkat Kecerdasan Autisme Menurut Childhood Autism Rating Scale (CARS)”
Ninggsih. (2007). Autisma: Petunuk Praktis dan Pedoman Materi Untuk Mengjar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: Gramedia
Pemerintah Provinsi Jawa Timur, 2021. Data Persentase Peningkatan Jumlah Anak Autis Provinsi Jawa Timur
Pittara, 2023. "Pengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak Autis”
Prasetyono. (2008). Klasifikasi Autisme Berdasarkan ICD-10 (International Classification of Diseases, WHO 1993) dan DSM-IV (American Psychiatric Association, 1994)
Pratiwi. (2017). Permasalahan Anak Autis Dalam Interaksi Sosial
Pusponegoro dan Solek. (2007). Tiga Jenis Tingkat Kecerdasan Autisme
Sukinah, M.Pd. (2010). Pembelajaran anak autis. FIP UNY
Yatim. (2002). Jenis-Jenis Autisme