PROFIL PENGAJUAN SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VARK
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan profil kemampuan siswa dalam mengajukan soal matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar VARK. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-C MTs Ma’arif NU Ngaban, Tanggulangin. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa yang masing-masing mewakili siswa dengan gaya belajar visual, aural, read/write, dan kinestetik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. Kemampuan pengajuan soal dalam penelitian ini meliputi memahami informasi, menyusun rencana pembutan soal, membuat soal, dan memeriksa soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing subyek penelitian memahami informasi yang diberikan dan dapat menyusun rencana pembuatan soal. Namun tahap pembuatan soal dan proses memeriksa kembali belum dapat dilakukan oleh semua subyek penelitian.