PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Kualitatif deskriptif merupakan jenis dari penelitian ini. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Candi. Penentuan subjek berdasarkan hasil soal tes GEFT yang diberikan kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk mengelompokkan tipe gaya kognitif siswa. Subjek penelitian ini sebanyak 2 siswa dari kelas VIII-E, yaitu 1 siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dengan skor hasil tes GEFT antara 13 sampai dengan 15 dan 1 siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dengan skor hasil tes GEFT antara 4 sampai dengan 6. Tes pemecahan masalah aritmatika sosial diberikan untuk melihat pemecahan masalah matematika subjek dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan kedua subjek pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, yaitu subjek FI lebih mampu melaksanakan rencana penyelesaian dengan mengaitkan informasi soal dan rumus yang digunakan untuk menyeleseaikannya dibandingkan subjek FD. Subjek FI menunjukkan pemahaman yang baik dalam menentukan setiap hasil akhir perhitungan bentuk pecahan dan desimal bila dibandingkan dengan subjek field dependent.