PENGAJUAN SOAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan pengajuan soal ditinjau dari gaya kognitif siswa field dependent (FD) dan siswa field independent (FI). Deskriptif kualitatif adalah jenis dari penelitian ini. Subyek penelitian sebanyak empat siswa yang terdiri dari dua siswa dengan gaya kognitif FD dan dua siswa dengan gaya kognitif FI. Penentuan subjek penelitian melalui tes GEFT (Group Embedded Figures Test) dan tes pengajuan soal. Kemampuan memahami informasi (soal), subjek FD dan subjek FI mendeskripsikan dengan tepat apa yang diketahui dengan bahasanya sendiri. Kemampuan menyusun rencana pembuatan soal, subjek FD dan FI dapat mendeskripsikan dengan jelas. Kemampuan membuat soal, subjek FD dan subjek FI mampu membuat soal dengan gambar bangun datar sesuai materi. Kemampuan memeriksa soal, subjek FD dan FI menggunakan rumus yang tepat dan melakukan perhitungan yang benar, serta memeriksa kebenaran jawaban dari soal yang telah dibuat dengan sangat teliti