IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING MODEL FLIPPED CLASSROOM: PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TENGAH PANDEMI

  • Miftahul Huda STKIP PGRI Sidoarjo
  • Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo
  • Eka Nurmala Sari Agustina STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: pembelajaran campuran, kelas terbalik, pembelajaran di masa covid-19.

Abstrak

Blended learning merupakan kombinasi pembelajaran tatap muka dan online dengan bantuan teknologi. Dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran campuran antara pembelajaran sinkron dan asinkron, model pembelajaran yang diterapkan adalah flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pencapaian hasil belajar serta respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan model flipped classroom. Penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif dengan sampel 7 siswa dari kelas X IPS-1 SMA Persatuan Tulangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pembelajaran, tes hasil belajar berupa post test dan pemberian angket respons siswa. Hasil observasi aktivitas guru saat pembelajaran memperoleh persentase yaitu 84,37%, aktivitas siswa pada pembelajaan asinkron melalui LMS Kelase siswa aktif, yaitu memperoleh 83% tetapi saat pembelajaran sinkron di grup WA aktivitas siswa hanya memperoleh persentase 66,1% dengan kriteria cukup aktif. Dari hasil belajar siswa menggunakan flipped classroom materi trigonometri, ketuntasan hasil belajar secara klasikal memperoleh sebesar 71,43% dan dinyatakan belum tuntas karena ≤ 75%. Dari pelaksanaan pembelajaran ini, siswa memberikan respons positif.

Diterbitkan
2021-07-28