ANALISIS PROSES BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA
Abstrak
Penelitian ini untuk menganalisis proses berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar, yang menggunakan delapan subjek dengan rincian dua subjek untuk setiap jenis gaya belajar. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang melakukan langkah pemecahan masalah secara lengkap berarti subjek melakukan langkah proses berpikir reflektif. Siswa dengan dari gaya belajar accommodator tidak melakukan tahap test and information of conclutin sehingga dapat dikatakan siswa dengan gaya belajar accommodator tidak berpikir reflektif, namun tidak takut dalam mencoba hal baru. Siswa dengan gaya belajar diverger tidak melakukan tahap rational elaboration of an idea dan test and information of conclutin sehingga dapat dikatakan siswa tidak berpikir reflektif, merupakan individu yang cepat bosan ketika di hadapkan dengan masalah yang sedikit rumit. Siswa gaya belajar assimilator tidak melakukan tahap rational elaboration of an idea dan test and information of conclutin sehingga dapat dikatakan siswa tidak berpikir reflektif dan merupakan individu yang banyak mengamati dan berpikir. Siswa yang memiliki gaya belajar coverger berpikir reflektif secara sempurna dan merupakan individu yang memiliki kemampuan baik dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.