KEEFEKTIFAN BUKU AJAR BERBASIS LITERASI MATEMATIKA UNTUK MATERI “PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT”
Abstrak
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pengembangan buku ajar berbasis literasi pada materi Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat. Kefektifan buku ajar berbasis literasi matematika untuk materi Persamaan Kuadrat Dan Fungsi Kuadrat ditentukan dari nilai kriteria ketuntasan belajar secara klasikal dan angket respon siswa yang bernilai positif. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model ADDIE kepanjangan dari Analyze, Design, Development, Implementasi, and Evaluation. Dari data diatas juga diperoleh informasi bahwa respon siswa terhadap penggunaan buku ajar berbasis literasi matematika untuk materi Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat untuk kelas IX Sekolah Menengah Pertama yang menjawab “Ya” pada semua pertanyaan yang bersifat positif sebanyak 82,7%, artinya respon siswa memenuhi kriteria positif. Selanjutnya pada tes hasil belajar atau posttest dapat diketahui bahwa sebanyak 13 siswa tuntas dalam belajarnya atau mendapatkan nilai lebih dari KKM yaitu sebesar 80, atau jika dinyatakan dalam persen maka ada sebanyak 87% siswa yang dinyatakan tuntas dalam belajarnya, hal ini dapat dikatakan bahwa kelas mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil ini diperoleh bahwa buku yang telah dikembangkan memenuhi syarat kefektifan.