PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NILAI MUTLAK

  • Rosmeidina Lukitasyani Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Dewi Sukriyah Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: Hypnoteaching, hasil belajar, nilai mutlak

Abstrak

Peran guru sangat penting karena guru dapat menerapkan prosedur yang berbeda di dalam kelas untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Saat ini, belajar dengan penggunaan kesadaran dan alam bawah sadar secara simultan dibahas secara luas oleh para profesional pendidikan. Mengajar dengan dua pikiran disebut hypnoteaching, dan seorang guru yang mempraktikkan hipnosis di kelas disebut hipnotis. Jika seorang guru dapat menerapkan prinsip-prinsip hipnosis di dalam kelas, maka guru tersebut adalah seorang hypnotic teacher. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Antartika Sidoarjo kelas X secara daring. Penentuan sampel dilakukan secara acak sebanyak 15 siswa. Penelitian ini menggunakan tes dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data yang diperoleh r=0,271 dengan persentase koefisien determinasi sebesar 27,1%. Berdasarkan uji parsial dinyatakan terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa pada materi nilai mutlak dengan nilai sig. (0,046) yang lebih dari α (0,05).

Diterbitkan
2022-07-31