PERAN GAMBAR DALAM PENYELESAIAN SOAL GEOMETRI

  • Nur Hidayatul Muzdalifah Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Lailatul Mubarokah Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: representasi verbal, representasi visual, geometri, soal verbal, soal visual.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk  kelas geometri verbal dan kelas geometri visual ditinjau dari kemampuan representasi matematis. Kuantitatif merupakan jenis penelitian ini. Pelaksanaannya pada tahun ajaran 2020/2021 di kelas X jurusan TKJ SMK Darussalam Sidoarjo. Sampel dari kelas X TKJ 1dan X TKJ 2. Hasil analisis data menunjukkan uji asumsi normalitas dapat terpenuhi hanya saja untuk uji homogenitas menunjukkan    bahwa data memiliki varian yang heterogen sehingga dilakukan transformasi data. Hasil pengujian ulang asumsi homogenitas tetap memiliki varian yang heterogen, sehingga solusi penyelesaiannya tidak menggunakan uji komparatif 2 sampel independen melainkan menggunakan uji nonparametrik mann whitney. Hasil uji menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk  kelas geometri verbal dan kelas geometri visual ditinjau dari kemampuan representasi matematis. Hal ini dibuktikan dari hasil uji mann whitney dengan p-value sebesar 0,001 ≤ 0,05. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat melalui hasil rata-rata tes geometri visual 80,42 yang lebih tinggi dibandingkan hasil tes geometri verbal yaitu 52,33.

Diterbitkan
2022-01-31