PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan juga soal dengan pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Kelas X Fase E3 dan Fase E4 digunakan dalam sampel penelitian ini. Teknik tes digunakan dalam teknik pengumpulan pada penelitian ini, dengan dianalisis melalui hipotesis uji-t, dengan menggunakan uji prasyaratt: uji normalitas, dan uji homogenitas. Dari perhitungan prasyarat dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal dan bervarians sama, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis atau uji-t. Hasil posttest dengan materi barisan dan deret, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Nilai tes yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dikelas Fase E3 rata-rata 86,83, sedangkan nilai tes yang dilakukan dengan model pembelajaran konvensional di kelas Fase E4 memperoleh rata-rata 78,19. Berdasarkan hasil, sig. (dua arah) 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa apabila model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan juga soal yang diterapkan dalam pembelajaran matematika di kelas eksperimen dibandingkan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas kontrol.