Mathematics Content Knowledge Guru Sekolah Menengah: Konteks Peluang dan Kombinasi

  • Soffil Widadah
  • Aunillah Kementrian Agama Kabupaten Sidoarjo
Kata Kunci: Mathematical Content Knowledge, Senioritas.

Abstrak

Abstrak:

Guru sekolah menengah perlu memiliki Mathematics Content Knowledge yang kuat materi peluang dan kombinasi untuk mengajar dengan efektif dan membantu siswa memahami konsepnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan korelasi antara Mathematics Content Knowledge guru senior dengan guru junior sekolah menengah. Subjek penelitian dalam penellitian ini adalah 17 guru sekolah menengah yang terdiri dari guru senior dan guru junior. Hasil penelitian dianalsis menggunakan Pearson Correlation untuk mendeskripsikan hubungan MCK dengan masa kerja guru. Selanjutnya diambil dua subjek (satu guru senior dan satu guru junior) untuk diwawancarai dan dideskripsikan kemampuan menyelesaikan soal peluang dan kombinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara MCK dengan senioritas guru. Pada konteks peluang yaitu r , sedangkan pada konteks kombinasi r . Berdasarkan hasil tes dan wawancara diperoleh bahwa guru senior melakukan algoritma lebih runtun dan lengkap daripada guru junior. Hal ini bisa disebabkan oleh kesiapan guru senior dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Peneliti berharap ada penelitian lanjutan dengan subjek yang lebih banyak dan materi yang lebih variatif.

Diterbitkan
2023-07-30