PENGARUH THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstrak
The Learning Cell merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif. Pada model ini salah satu siswa harus berperan sebagai tutor. The Learning Cell juga dapat membantu siswa memahami materi pelajaran yang sulit. Model the Learning Cell memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dan menjelaskan kepada temannya sesuai dengan kemampuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh the Learning Cell terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP YPM 2 Sukodono, pengambilan data dilakukan pada saat pandemi sehingga sampel hanya berjumlah 10 siswa dari kelas VIII-A menggunakan sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Tujuan observasi untuk menilai aktivitas yang dicapai oleh guru dan siswa selama pembelajaran, tes digunakan untuk menilai kemampuan siswa setelah pembelajaran, dan wawancara digunakan untuk memperoleh data-data pendukung penelitian. Dari hasil analisis diperoleh asumsi yang terpenuhi residual berdistribusi normal, bersifat homogen, dan tidak ada korelasi antar residual. Sedangkan secara parsial regresi diperoleh sebesar 0,428 dan sebesar 2,306, sehingga (-2,306) (0,428) (2,306) dengan keputusan diterima atau tidak ada pengaruh the Learning Cell terhadap kemampuan pemecahan masalah.