PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FUNGSI PEMBANGKIT DITINJAU DARI SELF- EFFICACY

  • SITI NURIYATIN STKIP PGRI SIDOARJO
  • Dewi Sukriyah Pendidikan Sejarah, STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: fungsi pembangkit, pemahaman konsep, self-efficacy

Abstrak

Self-efficacy mempunyai peranan terhadap keberhasilan sesorang dalam mencapai tujuan. Self-efficacy adalah faktor yang dapat mendorong mahasiswa memahami konsep dengan benar. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripssikan pemahaman konsep mahasiswa menyelesaikan masalah fungsi pembangkit ditinjau dari self-efficacy. Subyek sebanyak 23 mahasiswa yang diberikan angket self-efficacy dan soal fungsi pembangkit.

Hasil pemahaman konsep mahasiswa dengan self-efficacy sangat tinggi adalah sangat baik. Self-efficacy mahasiswa dengan kategori tinggi mempunyai tingkat pemahaman konsep yang berbeda-beda dalam dalam menyelesaikan 3 soal yaitu masing-masing berturut-turut dengan kategori sangat tinggi, cukup, dan tinggi. Pemahaman konsep mahasiswa dengan self-efficacy cukup mempunyai kategori berturut-turut kurang, cukup, sangat tinggi. Mahasiswa dengan tingkat self-efficacy tertentu mempunyai tingkat pemahaman konsep yang berbeda-beda pada beberapa sub materi yang dipelajari. Mahasiswa dengan tingkat self-efficacy yang sama belum tentu mempunyai tingkat pemahaman konsep yang sama pula.

Diterbitkan
2023-07-31