Analisis dan Evaluasi Instrumen dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar

  • Indah Walfath Universitas Sultan Syarif Kasim Riau
  • Risa Faurenza Universitas Sultan Syarif Kasim Riau
Kata Kunci: analisis, evaluasi, pembelajaran matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi butir soal dengan fokus pada kecocokan butir soal dengan tujuan evaluasi, relevansi terhadap materi, tingkat kesulitan yang sesuai, dan konsistensi bahasa. Metode yang digunakan mencakup analisis validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran menggunakan alat bantu statistik SPSS 25. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa semua soal memperoleh tingkat validitas yang memuaskan dengan kriteria evaluasi yang ditetapkan. Uji reliabilitas juga mengindikasikan konsistensi yang baik dari butir soal yang digunakan dalam evaluasi, memberikan keandalan dalam pengukuran. Namun, evaluasi juga mengemukakan bahwa terdapat perbedaan pada tingkat kesukaran soal, di mana hasil awal klasifikasi tingkat kesulitan tidak selaras dengan hasil analisis dari data yang diolah. Penyesuaian terhadap klasifikasi butir soal menjadi penting karena ditemukan perbedaan pada salah satu butir soal, yang seharusnya dikategorikan sebagai soal yang sulit, sementara sebelumnya diklasifikasikan sebagai soal sedang. Sementara itu, butir soal lainnya sesuai dengan klasifikasi yang telah ditentukan sebelumnya oleh peneliti.

Diterbitkan
2024-01-31