PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MATERI LINGKARAN BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6

  • Novi Puspita Ningrum Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Eka Nurmala Sari Agustina Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Lailatul Mubarokah Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: Media pembelajaran berbasis Adobe Flash Professional CS 6, Mobile learning, Media CiFy, R & D.

Abstrak

Objek geometri berbentuk lingkaran tidak semuanya mudah dihadirkan di kelas karena mempunyai ukuran yang besar. Oleh karena itu diperlukn media pembelajaaran interaktif untuk mempermudah sisw dalam belajar lingkaran, yaitu dengan mobile learning berbasis Adobe Flash Professional CS6. Penelituan ini bertujuan mengembangkan mobile learning materi lingkaran yang diuji untuk kelayakannya. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk yang dihasilkan bernama CiFy (Circle Identify). Media dievaluasi menurut ahli materi dan media serta diujicobakan kepada 30 siswa kelas VIII di SMPN 1 Jabon. Penilaian kevlidan isi materi dinilai 3,27 dan penilaian media 3,46. Baik aspek materi dan media, keduanya termasuk kategori valid. Hasil angket respon kepraktisan diperoleh kategori respon sangat positif dan hasil penilaian dari validator menyatakan bahwa media layak digunakan walaupun banyak revisi. Hasil angket respon keefektifan diperoleh kategori respon positif. Data skor tes hasil belajar, diperoleh data ketuntasan secara klasikal sebesar 83,3% termasuk dalam kategori tercapai. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka media pembelajaran berbasis adobe flash professional CS 6 dengan menggunakan mobile learning dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran materi lingkaran di SMPN 1 Jabon.

Diterbitkan
2024-01-31