A CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) LEARNING MODEL: APPLICATION TO OPPORTUNITIES MATERIAL
Abstrak
Penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi Peluang. Jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan tanpa menguji hipotesis. Data yang diambil berupa: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada proses pembelajaran CPS. Penelitian dilaksanakan SMP Yapenas Gempol kelas VIII yang berjumlah 37 siswa. Instrumen pengambila data berupa lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan model pembelajaran creative problem solving dikategorikan baik dengan nilai observasi sebesar 3,25. Aktivitas siswa selama mengikuti model pembelajaran creative problem solving dikategorikan aktif karena 29 siswa mendapatkan nilai aktifitas sebesar ≥ 75%. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dikategorikan tuntas dengan memperoleh skor 82,7%. Respons siswa terhadap model pembelajaran creative problem solving dikategorikan positif karena dari 13 butir respons siswa, 11 butir kategori sangat baik dan 2 butir dengan kategori baik.