PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • Anna Auliatur Rohmah Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Abdur Rohim UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN
  • Arezqi Tunggal Asmana
Kata Kunci: strategi pembelajaran aktif, pmri, pemahaman konsep

Abstrak

Abtrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi fungsi kuadrat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 30,4 sedangkan kelas kontrol sebesar 31,0. Dan hasil nilai post-test kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 83,3 sedangkan kelas kontrol sebesar 67,9. Berdasarkan hasil analisis data post-test dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,001 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

 

 

 

Diterbitkan
2024-07-31