PENGEMBANGAN SOAL GEOMETRI DAN PENGUKURAN BERBASIS FRAMEWORK AKM MENGGUNAKAN KONTEKS SOSIAL BUDAYA DI SIDOARJO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal geometri berbasis Framework AKM menggunakan konteks sosial budaya di Sidoarjo. Metode pengembangan mencakup analisis kebutuhan, desain soal, validasi ahli, uji coba lapangan, dan revisi produk. Hasilnya, 10 soal geometri dikembangkan dengan motif batik dan struktur candi Sidoarjo sebagai konteks. Soal ini menunjukkan validitas internal tinggi (rata-rata 0,78-0,89) dan validitas eksternal ( ). Nilai reliabilitas internal 0,764 dan eksternal 0,979. Sebanyak 83,3% siswa mendapatkan skor di atas 76, menunjukkan efektivitas soal dalam meningkatkan minat dan pemahaman geometri. Penggunaan elemen sosial budaya lokal menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual, sehingga efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.