Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Author Guidelines (revision)

  1. Jurnal PADI (Pengabdian mAsyarakat Dosen Indonesia) menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bidang yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Times New Romanfont size 12, menggunakan kertas A4 dengan batas atas, bawah, kiri, dan kanan masing-masing 2,5 cm.
  2. Naskah dikirim online melalui OJS.
  3. Semua penulis pada artikel harus dicantumkan/diketik pada OJS pada saat mengisi "authors' pada proses submit artikel.
  4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jarak antar baris 1,5 spasi dan terdiri dari satu kolom
  5. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Penutup, dan Daftar Pustaka.
  6. Judul Artikel tidak lebih dari 15 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 12 pt, dan ditulis tebal (bold), dan Capitalize Each Word.
  7. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 11 pt, dan ditulis tebal (bold) dilengkapi dengan asal instansi beserta email. (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal dan email masing-masing penulis setelah penulis pertama)
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-7 kata atau frasa Kata Kunci (ditulis alfabetik), menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 10 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia antara 150-200 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  9. Pendahuluan terutama berisi: (1) permasalahan pengabdian masyarakat;  (2) wawasan dan rencana pemecahan masalah;    (3) rumusan tujuan pengabdian masyarakat; (4) rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Pada bagian ini kadang-kadang juga dimuat harapan akan hasil dan manfaat pengabdian masyarakat. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf tanpa menulis subjudul. 
  10. Metode menjelaskan bagaimana pengabdian masyarakat itu dilakukan. Contohnya berkaitan dengan: (1) lokasi kegiatan, (2) sasaran kegiatan, dan (3) metode pelaksanaan.
  11. Hasil dan Pembahasan berisi paparan hasil prngabdian yang telah dilaksanakan oleh penulis disertai pembahasan yang dijelaskan secara mendalam mengenai dampak dari pelaksanaan pengabdian tersebut disertai dengan teori pendukungnya.
  12. Penutup berisi simpulan yang menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan, mengacu pada tujuan pengabdian masyarakat. Simpulan dideskripsikan dalam paragraf, tidak menggunakan numbering dan bullet.
  13. Referensi memuat semua referensi yang diacu pada teks artikel yang diurutkan berdasarkan alfabet dan diketik 1 spasi. Referensi yang digunakan minimal 60% artikel pada jurnal. Penulis juga harus menginput semua referensi yang digunakan pada OJS. Penulisan kutipan dan referensi mengikuti aturan APA Style dan sebaiknya menggunakan Reference Manager seperti Mendeley. Berikut ini contoh penulisan referensi:

Buku (satu penulis)

McKibben, B. (1992). The age of missing information. New York: Random House.

Buku (banyak penulis)

Larson, G. W., Ellis, D. C., & Rivers, P. C. (1984). Essentials of chemical dependency counseling. New York: Columbia University Press.

Buku kumpulan artikel

Cobb, P. & Gravemeijer, K. (2006). Design research from a learning design perspective. Dalam Akker, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.), Educational design research (h. 17-51). New York: Routledge.

Artikel pada Jurnal Cetak

Gabbet, T., Jenkins, D., & Abernethy, B. (2010). Physical collisions and injury during professional rugby league skills training. Journal of Science and Medicine in Sport, 13(6), 578-583.

Artikel pada Jurnal Online (memiliki DOI)

Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui Lesson Study. Jurnal Elemen, 2(1), 83-91. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.179.

Artikel pada Jurnal Online Penulisnya 8 orang atau lebih (tidak memiliki DOI)

Crooks, C., Ameratunga, R., & Brewerton, M., Torok, M., Buetow, S., Brothers, S., ... Jorgensen, P. (2010). Adverse reactions to food in New Zealand children age 0-5 years. New Zealand Medical Journal, 123(1327). Diambil dari http://www.nzma.org.nz/journal/123-1327/4469.

Artikel pada Jurnal Online (diakses dari database, misalnya EBSCO, dll)

Marshall, M., Carter, B., Rose, K., & Brotherton, A. (2009). Living with type 1 diabetes: Perception of children and their parents. Journal of Clinical Nursing, 18(12, 1703-1710. Diambil dari http://www.wiley.com/bw/journal.asp?ref=0962-1062.

Prosiding

Williams, J., & Seary,K. (2010). Bridging the dividen: Scaffolding the learning experiences of the mature age student. Dalam J. Terrel (Ed), Making the links: learning, teaching and high quality student outcomes. Prosiding the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educators (hal. 104-116). Wellington, New Zealand.

Prosiding Online

Cannan, J. (2008). Using practice based learning at a dual-sector tertiary institution: A discussion of current practice. Dalam R. K. Coll, & K. Hoskyn (Eds), Working together: Putting the cooperative into cooperative Education. Conference Proceeding of the New Zealand Association for Cooperative Education, New Plymouth, New Zealand. Diambil dari http://www.nzace.ac.nz/conferences/papers/Proceedings_2008.pdf.

Dokumen Resmi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Jakarta: Kemdikbud.

Skripsi, Tesis, Disertasi

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente.

Internet

OECD. (2010). PISA results: What makes a school successful? Diambil dari http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf.

15. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan APA Style.

16. Dianjurkan menggunakan Reference Manager dalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.

17. Artikel ditulis mengikuti template

18. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.

19. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.