Penggunaan Web Wordwall Sebagai Bentuk Adaptasi Teknologi Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas 4 SDN Ledok Kulon 1 Bojonegoro

Penggunaan Web Wordwall Sebagai Bentuk Adaptasi Teknologi Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas 4 SDN Ledok Kulon 1 Bojonegoro

  • Meiga Ratih Tirtanawati IKIP PGRI Bojonegoro
  • Rika Pristian IKIP PGRI Bojonegoro
  • Oktha Ika R IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ali Mujahidin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Sunu Catur Budiyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan teknologi digital di SDN Ledok Kulon I Bojonegoro perlu diterapkan supaya siswa lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Selama ini pembelajaran yang diterapkan oleh guru hanya berpedoman pada buku paket dan LKS sehingga siswa merasa jenuh dan bosan. Pemanfaatan penggunaan teknologi digital sebagai media pembelajaran adalah salah satu cara untuk menciptakan proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Adapun media digital yang digunakan yaitu media web wordwall. Web Wordwall merupakan media edukasi yang bisa dipakai untuk permainan edukasi seperti, menjodohkan, kuis, pencarian kata, dan berpasangan. Metode yang dipakai dalam PkM ini menggunakan penyampaian materi, tanya jawab, dan demonstrasi. Hasil kegiatan dari PkM ini adalah semua siswa sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan web wordwall. Proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan karena dengan web wordwall dapat membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran, siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru tetapi siswa bisa belajar sambil bermain dan dapat meningkatkan literasi siswa. Selain itu, minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran semakin meningkat.

 

Author Biographies

Meiga Ratih Tirtanawati, IKIP PGRI Bojonegoro

Engilsh Education

IKIP PGRI Bojonegoro

Rika Pristian, IKIP PGRI Bojonegoro

Economy Education

IKIP PGRI Bojonegoro

Oktha Ika R, IKIP PGRI Bojonegoro

English Education

IKIP PGRI Bojongeoro

Ali Mujahidin, IKIP PGRI Bojonegoro

Economy Education

IKIP PGRI Bojonegoro

Sunu Catur Budiyono, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Indonesian Language Education

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Published
2024-05-31