WORKSHOP EVALUASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS GAME

  • Rani Kurnia Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Silviana Maya Purwasih Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Restu Ria Wantika Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Prayogo Prayogo Universitas PGRI Adibuana Surabaya
Kata Kunci: Daring, Evaluasi Pembelajaran, Game

Abstrak

Sekolah-sekolah yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh, atau lebih dikenal dengan sebutan daring (dalam jaringan) memang seharusnya sudah lebih bisa dan terbiasa mengikuti perkembangan teknologi Multimedia. Namun ternyata hal tersebut belum tentu berlaku di seluruh sekolah yang melaksanakan pembelajarannya melalui media daring. Dari hasil wawancara langsung dengan guru dan wakil kepala sekolah di SMKN 1 Jetis Mojokerto,diperoleh bahwa guru-guru masih mengalami kesulitan dalam penggunaan multimedia untuk proses pembelajaran, dan siswa juga merasa tidak tertarik mengikuti kegiatan pembeljaaran secara daring, sehingga tugas-tugas yang diberikan oleh guru juga banyak yang diabaikan oleh siswa. Hal ini sangat meresahkan mengingat pembelajaran via daring adalah suatu keharusan di era pandemic seperti sekarang ini. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim PPM Dosen Program Studi Pendidikan Matematika dirasa perlu melaksanakan kegiatan PPM dengan tema “Workshop Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Multimedia Bagi Guru SMKN 1 Jetis Mojokerto” hal ini bertujuan untuk memberikan pendampingan untuk menyelesaikan permasalahan guru SMKN 1 Jetis Mojokerto terkait evaluasi pembelajaran jarak jauh berbasis game yaitu menggunakan aplikasi Kahoot dan Quizizz

Kata Kunci: Daring, Evaluasi Pembelajaran, Game.

  

Diterbitkan
2021-05-31