Indonesia Finger Painting sebagai upaya pengenalan warna dan pengembangan motorik halus pada anak PAUD Mantriwirya Surabaya

  • Galuh Kartika dewi PGSD, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Anggralita Sandra Dewi PGSD, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Eni Nurhayati PGSD, STKIP PGRI Sidoarjo
  • Ery Rahmawati PGSD, STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: finger Painting, Pengenalan Warna, Motorik Halus, PAUD

Abstrak

Abstrak

Usia 3-6 tahun merupakan periode sensitif atau masa peka pada anak, yaitu suatu periode dimana suatu fungsi tertentu perlu distimulus, diarahkan sehingga tidak terhambat perkembangannya. Stimulus yang tepat pada anak masa pertumbuhan tentu memiliki dampak yang sangat baik pada perkembangannya. Pada tahap ini perkembangan baik pada kognitif, emosi, bahasa, dan sensomotorik. Pada tiap perkembangan tersebut masing-masing perkembangan memiliki peran yang penting pada masing-masing aspeknya. Perkembangan motorik halus dapat diidentifikasi melalui kegiatan menggambar, menggunting. Hasil menggambar pada anak dengan kemampuan motorik halus mampu menggambar gambar yang sederhana dan mampu untuk mengenal warna. Permasalahan pada anak PAUD Mantriwirya adalah kurang berkembangnya motorik halus anak karena kurangnya kegiatan yang bersifat langsung dan visual. Sebagai bentuk peningkatan kreativitas anak pada masa pertumbuhan maka perlu dilakukan berbagai stimulus yang tepat, finger painting salah satu cara untuk mengasah motorik halus anak dan pengenalan warna. Manfaat yang dapat diambil dari upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting adalah bagi anak-anak yang terlibat sebagai subjek penelitian mempunyai implikasi langsung terhadap perubahan dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak, Untuk meningkatkan kreatifitas dan ide-ide yang baru dalam menciptakan suasana dan minat belajar anak, Sebagai sarana untuk menambah bentuk kegiatan di PAUD Mantriwirya.

 

Kata Kunci: Finger Painting, Pengenalan warna, Motorik halus, PAUD

  

 

Diterbitkan
2021-11-30