PEMETAAN PENGETAHUAN AWAL GURU: SUATU STRATEGI PEMDAMPINGAN DALAM MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU
Abstrak
Guru harus memiliki keterampilan dalam menulis buku. Guru yang menggunakan buku karya sendiri dalam mengajar dapat mengatasi permasalahan dalam pembelajarannya. Selain itu hasil karya buku ini dapat menambah angka kredit guru dan kenaikan jabatan fungsional, serta dapat bernilai ekonomi bagi guru. Namun tidak semua guru mampu menulis buku bahkan hingga proses penerbitan buku. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan merancang strategi melalui pemetaan pengetahuan guru dalam menulis dan menerbitkan buku. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru di lingkungan pendidikan SD dan SMP Insan Kamil Sidoarjo. Guru-guru diberikan angket pengetahuan dasar yang berisi 12 pernyataan pemahaman tentang penyusunan buku dan 2 pernyataan terkait legalitas buku. Hasil kegiatan ini, 1) guru-guru perlu memiliki pengetahuan dalam mencari referensi dan ide-ide penulisan yang relevan, 2) pengetahuan terkait komponen dan alur pembuatan buku, 3) memahami alur penerbitan untuk memastikan karya mereka dapat diterbitkan secara sah. Selanjutnya disusun strategi pendampingan dalam seminar pelatihan menulis dan menerbitkan buku meliputi 1) penguatan penguasaan materi, 2) demonstrasi kepada peserta, 3) praktik mandiri, dan 4) monitoring.