Peningkatan Kemampuan Mendesain Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi dengan Media Pembelajaran Augmented Reality bagi Guru SMK di Kabupaten Lumajang

Pengabdian kepada Masyarakat, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi, Augmented Reality

  • Fahmi Abdul Halim Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Lumajang
  • *Devi Rahayu Agustin Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Lumajang
  • Muhammad Ridho'i Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Lumajang
  • Muhamad Rama Maulana Ibrahim Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Lumajang
  • Kamaliatun Nafisah Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Lumajang
Kata Kunci: Pengabdian kepada Masyarakat, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi, Augmented Reality

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat memiliki peran yang krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Artikel ini mendokumentasikan upaya tim pengabdian dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Lumajang dalam meningkatkan kemampuan guru Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Lumajang dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Program ini merupakan contoh kolaborasi nyata antara perguruan tinggi dan praktisi pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat lokal. Tim PKM STKIP PGRI Lumajang mengadakan serangkaian pelatihan dan lokakarya untuk guru-guru Matematika SMK, memperkenalkan mereka pada potensi teknologi AR dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Artikel ini mengukur langkah-langkah konkrit yang diambil oleh tim PKM dan guru-guru SMK dalam mengimplementasikan teknologi AR dalam pembelajaran Matematika. Selain itu, hasil evaluasi dari program ini juga disajikan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak positifnya terhadap kualitas pembelajaran dan minat belajar siswa. Artikel ini diharapkan dapat memberikan panduan dan inspirasi bagi pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan lainnya yang ingin mengembangkan metode pembelajaran inovatif dengan menggunakan teknologi AR. Kolaborasi semacam ini juga menggambarkan pentingnya berbagi pengetahuan antara akademisi dan praktisi untuk menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan. hasil evaluasi dari program ini juga disajikan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak positifnya terhadap kualitas pembelajaran dan minat belajar siswa. Artikel ini diharapkan dapat memberikan panduan dan inspirasi bagi pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan lainnya yang ingin mengembangkan metode pembelajaran inovatif dengan menggunakan teknologi AR. Kolaborasi semacam ini juga menggambarkan pentingnya berbagi pengetahuan antara akademisi dan praktisi untuk menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan. hasil evaluasi dari program ini juga disajikan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak positifnya terhadap kualitas pembelajaran dan minat belajar siswa. Artikel ini diharapkan dapat memberikan panduan dan inspirasi bagi pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan lainnya yang ingin mengembangkan metode pembelajaran inovatif dengan menggunakan teknologi AR. Kolaborasi semacam ini juga menggambarkan pentingnya berbagi pengetahuan antara akademisi dan praktisi untuk menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan.

Diterbitkan
2023-11-30