LOKAKARYA PENGUATAN LITERASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP) SD DI KABUPATEN SIDOARJO
Abstrak
Artikel ini membahas tentang pelaksanaan lokakarya sebagai upaya untuk memperkuat literasi program Sekolah Penggerak (PSP) bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas SD di Kabupaten Sidoarjo. PSP merupakan inisiatif pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar, dan partisipasi guru sangat krusial dalam keberhasilan program tersebut. Lokakarya ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada guru SD mengenai konsep, tujuan, dan strategi implementasi PSP. Metode penyelenggaraan lokakarya diawali dengan observasi untuk mengetahui kebutuhan sasaran dalam rangka memperdalam konsep literasi, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan lokakarya yang mencakup presentasi, diskusi kelompok, dan simulasi praktik. selanjutnya dilakukan pemberian angket untuk mengetahui minat, persepsi, sikap dan keyakinan peserta terhadap peningkatan literasi setelah mengikuti kegiatan ini. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterlibatan guru terhadap PSP setelah mengikuti lokakarya sangat positif.. Hasil angket persepsi peserta terhadap peningkatan literasi menunjukkan 96% peserta mempunyai persepsi yang positif terhadap kegiatan lokakarya. Lokakarya penguatan literasi ini mendapatkan respon yang positif dari peserta kegiatan. Selama paparan materi peserta mengikuti dengan antusias. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pemahaman guru tentang konsep literasi dan miskonsepsi literasi. Peserta mampu mengidentifikasi potensi dan tantangan dalam implementasi PSP di sekolah mereka, serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan efektivitas program. Dengan adanya lokakarya ini, diharapkan literasi program PSP dapat ditingkatkan, memberikan dampak positif pada pembelajaran di tingkat SD, dan mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sidoarjo.