ANALISIS KESIAPAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEBAGAI CALON GURU YANG KOMPETEN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesiapan mahasiswa jurusan Pendidikan sebagai calon guru yang kompeten dan profesional sesuai dengan standar kompetensi pendidik yang dibutuhkan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner, yang dibagikan kepada 15 mahasiswa jurusan Pendidikan di STKIP PGRI Sidoarjo, dengan masing-masing 4 mahasiswa dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, dan 3 mahasiswa Pendidikan Matematika yang sudah mengikuti program microteaching. Hasil penelitian didapatkan bahwa 80% mahasiswa jurusan pendidikan memiliki kesiapan sebagai calon guru yang kompeten dan profesional. Mahasiswa jurusan Pendidikan sebagai calon guru, menyatakan bahwa mereka mendapatkan berbagai pengetahuan dari perkuliahan dan program magang beserta microteaching yang telah dilaksanakan, mulai dari relasi, pengetahuan, penagalaman, kemampuan, dan kompetensi untuk menjadi guru yang kompeten dan profesional.