UPAYA MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI OUTDOOR LEARNING (ODL) SISWA KELAS III SDN PUCANG 4 SIDOARJO

UPAYA MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI OUTDOOR LEARNING (ODL) SISWA KELAS III SDN PUCANG 4 SIDOARJO

  • Rosyi Umami STKIP PGRI SIDOARJO
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Outdoor Learning

Abstrak

Dalam melakukan interkasi selama proses pembelajaran di kelas sebagian besar siswa kurang mandiri. Penelitian ini berupaya untuk melatih kemandirian belajar siswa melalui outdoor learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati Berdasarkan hasil observasi belajar siswa nilai rata-rata aktifitas peserta didik pada pertemuan pertama adalah 2,967, pertemuan kedua adalah 3,562, dan pertemuan yang terakhir adalah 3,931. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas III SD Negeri Pucang 4 Sidoarjo sangat antusias dan bersemangat, sehingga interaksi proses pembelajaran dapat berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.

Diterbitkan
2020-10-20