UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN KONTESKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN KONTESKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam
mengatasi kesulitan membaca melalui pendekatan konteskstual pada siswa kelas III SD agar masalah kesulitan membaca yang dihadapi oleh siswa dapat diminimalisir dan diatasi dengan baik melalui penerapan antara materi pelajaran yang akan dikaitkan dengan dunia nyata siswa, sehingga siswa dapat termotivasi bahwa untuk belajar membaca sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga dapat mengetahui dan merasakan manfaat dari bisa membaca. Penelitian ini dibuat guna mendukung kegiatan magang III yang dilaksanakan di sekolah dasar negeri Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari upaya-upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar sampai penerapan pendekatan konstekstual pada siswa kelas III SD.