The Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa dalam Membaca Teks Naratif dengan Menggunakan Video

Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa dalam Membaca Teks Naratif dengan Menggunakan video

  • Isnawati Rofiqoh - MTs Negeri 4 Ngawi
Kata Kunci: video, membaca teks naratif, penguasaan kosakata, ptk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) video dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dalam membaca teks naratif
pada siswa kelas sembilan MTsN 4 Ngawi. (2) penggunaan video mampu meningkatkan iklim kelas. (3) kekuatan dan kelemahan penerapan
video dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dalam membaca teks naratif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa
kelas IX MTsN 4 Ngawi. Terdapat 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) merencanakan tindakan,
(2) melaksanakan tindakan, (3) mengamati tindakan, dan (4) merefleksi hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 
(1) video dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dalam membaca teks naratif. Hal ini dapat dilihat dari indikator berikut:
(a) siswa dapat mengeja kosa kata dalam teks naratif; (b) sebagian besar siswa mampu mengucapkan kata atau kalimat dengan baik;
(c) siswa dapat menangkap makna teks naratif dengan baik; dan (d) siswa dapat menyusun kalimat yang baik. (2) penggunaan video
mampu meningkatkan iklim kelas. (3) terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan penerapan video dalam meningkatkan penguasaan
kosa kata siswa dalam membaca teks naratif di kelas sembilan MTsN 4 Ngawi. Sejalan dengan hasil tersebut, penulis menyarankan bahwa
video adalah salah satu media yang efektif dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan semangat dan prestasi siswa dalam
belajar membaca.

Referensi

Abbot, Gerry and Wingard Peter, (1985). The Teaching of English as an International Language, A Practical Guide. Biddles Ltd, Guildford, Surrey.

Alderson, J.C. & Urquhart, A.H. (1984). Reading in Foreign Language: London: Longman.

Anderson, Anderson, Mark and Kathryn. (1998). Text Types in English 3. South Yaura. V.C: Macmillan Education Australia.

Arikunto, S. (1998). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Ashmore, Rea. (1991). Promoting the Gift of Literary. Boston: Allyn and Bacon

Bamberger, R. (1975). Promoting the Reading Habit. Paris: The Unesco Press.

Brown, D, H. (2007). Teaching By Principles. An Interactive Approach To Language Pedagogy (Third Edition). New York: Pearson Education, Inc.

Burn & Roe & Ross (1984). Teaching Reading in Today’s Elementary School. Houghton Mifflin Company.

Burns, A. (1999). Collaborative Action Research for English Language Teachers. Cambridge: CUP.

Cakir. Ismail. (2006). The Use of Video as an Audio-Visual Material in Foreign Language Teaching Classroom. The Turkish Online Journal of Educational Technology. TOJET Vol. 5 Issue 4 Article 9.

Cooper. R, M. Lavery, and Ronvolucri, M. (1991). Video. Oxford: Oxford University Press.

Day, R & Barnford, J. (1998). Extensive Reading in the Second Language Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Devi. (2012). Animation Video to Improve Studets’ Vocabulary Mastery. English Education Journal of Sebelas Maret University, Vol. 1, No. 1

Edge, Julian. (1998). Essentials of English Language Teaching. London: Longman.

Fernandez, Ibis (2002) Animasi and Multimedia. Available at: http://cbs-bogor.net/ebooklain/AnimasiMultimedia/animasi%26multimedia.pdf. Downloaded on Friday 3rd of January 2014.

Gall, Meredith D, Joice P. Gall and Walter R. Borg. (2003). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Galacher, Lynn. (2003). Video and Young Learner 1. Available at: http://www.teachingenglish.org.uk/think/articles/video-young-learners-1 British Council. Downloaded on Wednesday 15th of January 2014.

Gower, Roger, Philips and Walter. (1995). Teaching Practice Handbook. Macmillan publisher limited.

Grabe, W. (2009). Reading in a Second Language. Moving From Theory to Practice. New York: Cambridge University Press.
Diterbitkan
2023-12-03