PENGGUNAAN MEDIA SEMI KONKRIT DAN ANALOGI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS 7E SMP NEGERI 36 SURABAYA

  • Purnawan Basundoro STKIP PGRI Sidoarjo

Abstrak

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas 7E SMP Negeri 36 Surabaya dengan menggunakan media semi konkret dan analogi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas 7E SMP Negeri 36 Surabaya yang berjumlah 40 siswa. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan subyek yang membantu pelaksana adalah guru matematika dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan (tindakan), (3)Pengamatan (observasi) dan (4) Refleksi.  Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti mendapatkan hasil dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar yaitu dari 40% menjadi 77,5% pasca siklus penelitian tindakan kelas

Diterbitkan
2020-06-22