PROFIL BERPIKIR LATERAL SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI TAHAP BERPIKIR VAN HIELE
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir lateral siswa dalam pemecahan masalah geometri ditinjau tahap berpikir van Hiele. Manusia memiliki pemikiran pada sesuatu hal khususnya matematika menekankan pada pemikiran logis, sehingga salah satu cara berpikir yang cocok digunakan adalah berpikir lateral. Salah satu hal yang dapat melatih berpikir lateral adalah dengan menyelesaikan masalah. Geometri merupakan pokok bahasan matematika yang bisa mendukung untuk mengetahui cara berpikir lateral siswa dikarenakan melatih siswa untuk berpikir kreatif untuk mencari alternatif-alternatif pilihan untuk memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas VIII SMP. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes VGHT. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi selama pembelajaran, tes dan wawancara mendalam. Instrumen penelitian adalah tes diagnostik dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil observasi selama pembelajaran, hasil tes dan hasil wawancara mendalam yang digunakan untuk mendeskripsikan proses berpikir lateral siswa dalam pemecahan masalah geometri.