PENGARUH MODEL IKRAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS NURUL SA’ADAH

  • Riza Mahfidia Putri STKIP PGRI Sidoarjo
  • Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo
  • Intan Bigita Kusumawati STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: Model Pembelajaran IKRAR, hasil belajar

Abstrak

Dalam pembelajaran k13, pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dituntut untuk aktif mengembangkan pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan  menggunakan model pembelajaran IKRAR. Model pembelajaran IKRAR merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan paham konstruktivis dimana dalam proses pembelajaran siswa diberikan suatu masalah matematika dan siswa dituntut aktif dalam mengkonstruksi konsep yang dipelajari. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 di MTS Nurul Sa’adah pada kelas VIII-C dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang terdiri dari 2 kali pertemuan pembelajaran dan 1 hari pertemuan untuk evaluasi hasil belajar siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shoot Case Study. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar observasi soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dilanjutkan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pada hasil penelitian ini uji t diperoleh  (4,166 > 2,069) sehingga  ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa.

 

Diterbitkan
2021-10-31