PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA BERGAYA KOGNITIF VISUALIZER DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS
Abstrak
Kegagalan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS secara garis besar bisa disebabkan oleh tidak bertindaknya siswa sesuai dengan pengalaman pribadi, tidak menganalisis dan mengaklasifikasi pengetahuan untuk mengevaluasi tindakan, serta tidak merenungkan atau memikirkan kembali apa yang telah dilakukan untuk mengambil kesimpulan. Hal tersebut merupakan fase berpikir reflektif, di mana berpikir reflektif merupakan proses mengumpulkan informasi dan berpikir logis untuk membuat keputusan dan mengevaluasi keputusan yang telah diambil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif siswa bergaya kognitif Visualizaer berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian yang dilakukan secara eksploartif ini mengahasilkan data bahwa subjek tidak bisa menyelesaikan soal dengan berbagai cara, artinya subjek tidak memenuhi satu indikator dari lima indikator berpikir reflektif. Dengan demikian dapat dikatakan pada fase berpikir reflektif subjek belum menganalisis dan mengklasifikasi pengetahuan untuk mengevaluasi tindakan